4 Fakta Seputar Operator Sekolah, Sangat Mencengangkan!

4 Fakta Seputar Operator Sekolah, Sangat Mencengangkan!

Anda tentu tahu bahwa seorang operator sekolah sangat dibutuhkan keberadaannya di setiap sekolah. Nah di sekolah biasanya minimal ada satu operator yang punya tugas untuk input data dan berbagai kegiatan administrasi lainnya. Namun tahukah Anda ada banyak fakta seputar operator yang ada di sekolah?

Operator sekolah kerap banyak disepelekan oleh orang-orang. Karena biasanya profesi operator ini, bisa dikerjakan oleh lulusan mulai SMA sederajat. Peran operator di sekolah sangat banyak. Terutama untuk pejuang data siswa, data guru, pembuat laporan dana BOS dan masih banyak lagi. Berikut beberapa fakta seputar operator yang ada di sekolah, tentu saja akan mencengangkan buat orang yang biasanya suka menyepelekan operator.

 

  • Harus selalu ready, seorang operator di sekolah dituntut harus selalu sehat dan punya fisik yang kuat. Biasanya kegiatan input data yang dilakukan operator cenderung cukup santai. Kecuali memang saat ajaran baru di mana, sekolah tersebut punya banyak siswa baru. Tentu peran operator dituntut untuk bisa menginput data sesuai dengan deadline dari pusat. Masalah tidak hanya sampai disitu saja. Server untuk pengiriman data siswa dan juga data lainnya biasanya punya satu jaringan pusat. Anda bisa bayangkan ada berapa banyak sekolah di Indonesia, jika waktu pengiriman datanya hampir sama tentu server akan sering mengalami down. Solusinya adalah tentu saja operator harus rela bangun hingga tengah malam agar bisa melakukan pengiriman data lebih lancar.
  • Harus multifungsi, salah satu syarat menjadi operator sekolah adalah juga dituntut untuk serba bisa. Anda harus bisa melakukan input data dapodik, mengerjakan laporan dana BOS, belum lagi jika berdekatan dengan waktu ujian nasional. Tentu saja Anda harus melakukan verifikasi data ujian siswa, karena data tersebut tidak boleh salah dan akan dimuat dalam ijazah nantinya.
  • Tidak ada yang namanya libur, lowongan operator sekolah umumnya banyak tersedia. Ini karena biasanya profesi operator di sekolah memiliki tanggung jawab yang besar dan jangan harap punya waktu libur seperti guru. Jika saat weekend guru bisa libur di rumah atau pergi liburan, operator mungkin bisa melakukannya. Tetapi saat di tengah liburan dan kepala sekolah menghubungi untuk mengerjakan tugas, operator harus siap siaga. Mau tidak mau, hari libur operator bisa dibilang tidak ada. Bahkan ketika liburan semester, operator dituntut untuk tetap bekerja meski tidak di sekolah. Jadi sama saja, hanya judulnya saja yang libur tetapi kegiatannya tidak libur. Pantas saja, banyak orang yang melamar jadi operator namun tidak bisa bertahan lama karena memang problematikanya juga banyak.
  • Gaji yang kecil, di sisi lain menjadi operator di sekolah bukannya profesi yang menjanjikan penghasilan. Anda yang mendambakan penghasilan UMR, lebih baik mengurungkan niat untuk melamar jadi operator. Gaji operator bersumber dari dana BOS. Jadi semakin banyak murid pada sebuah sekolah di mana operator tersebut bekerja, semakin tinggi pula gaji profesi tersebut. Tapi tetap saja faktanya gaji tersebut biasanya dibawah UMR, terutama untuk sekolah-sekolah yang ada di daerah perkotaan kecil dan desa.

 

Nah itu tadi beberapa fakta kecil seputar operator sekolah. Sebenarnya jika dijabarkan lebih dalam, ada banyak fakta tentang operator di sekolah yang cukup memilukan. Untuk itu hargailah profesi seorang operator di sekolah, karena tanpanya data-data serta kegiatan administrasi sekolah tidak mungkin terinput dengan sempurna. Semangat para pegawai operator di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *